MENUMBUHKAN KESADARAN MENJAGA LINGKUNGAN PESISIR, DEWAN PENGURUS PUSAT PERKUMPULAN MASYARAKAT PESISIR NUSANTARA (PEMESTA) MENGADAKAN DISKUSI NASIONAL

Jakarta, Salam Pena News – Dengan hangatnya isu krisis iklim yang berdampak terhadap kondisi lingkungan, DPP Perkumpulan Masyarakat Pesisir Nusantara (PEMESTA) mengajak seluruh elemen/lapisan masyarakat dalam menumbuhkan kesadaran menjaga kelestarian lingkungan hidup dengan diawali dengan diskusi, Selasa (22/11/2022).

Diskusi nasional yang bertema “Demokrasi, Lingkungan Dan Masa Depan Pesisir Indonesia” diharapkan menjadi rangsangan serta gagasan awal dalam menumbuhkan kesadaran menjaga lingkungan pesisir.

“Tentu kita tahu bahwa Indonesia adalah Negara kepulauan yang mana setiap pulaunya memiliki potensi untuk dikembangkan. Dengan kondisi lingkungan pesisir kita yang setiap hari mengalami penurunan mengharuskan kita untuk terus bekerja ekstra dalam menjaga iklim stabil.

Tentu kita tidak menginginkan Indonesia 5 sampai 10 tahun ke depan mengalami kondisi yang sama seperti Negara Tuvalu. Oleh karenanya dengan hadirnya narasumber – narasumber yang sangat luar biasa pada kesempatan kali ini memunculkan solusi yang membangun dan ramah lingkungan.” Ujar Aswandi Zainudin selaku Ketua DPP PEMESTA dalam sambutan acara diskusi nasional DPP PEMESTA, di Jakarta.

Pengurus DPP Pemesta bersama Narasumber Diskusi Nasional

Selain isu lingkungan pesisir, Aswandi meminta kepada Kementerian Kelautan dan Perikan dan DPR RI memperhatikan kesejahteraan nelayan dan petani laut yang menggantungkan nasibnya pada hasil laut.

“Hadirnya kita semua disini yang berasal dari mahasiswa, aktivis nelayan, penggiat lingkungan, pengamat politik serta pengamat ekonomi mampu melahirkan ide untuk menjawab masalah nelayan.

Tentu penguatan dan pemberdayaan SDM wajib kita tingkatkan melalui penggelontoran anggaran pemberdayaan, penjaminan kesehatan serta akses/sosialisasi program yang langsung berdampak kepada nelayan dan masyarakat pesisir” lanjut Aswandi.

“Diskusi yang diadakan oleh PEMESTA menjadi langkah awal yang baik dalam mensosialisasikan kondisi lingkungan dan pesisir laut indonesia.

Sementaa, “Ekonomi biru menjadi program yang bisa dilakukan dalam memulihkan kondisi Indonesia yang terpuruk”. Menjadi tugas kami dari KKP meningkatkan ekonomi masyarakat dan menjaga lingkungan tetap sehat.” Ujar M.Yusuf, S.Hut., M.Si. dalam paparan materinya mewakili Kementerian Kelautan dan Perikanan, Selasa (22/11/2022)

Diskusi nasional DPP PEMESTA dihadiri oleh Ikatan Mahasiswa Pascasarjana Aceh (IMPAS), Kesatuan Mahasiswa Bima Jakarta (KMBJ), BEM UNINDRA, BEM UHAMKA, BEM UNISMA, BEM JAYABAYA, KORDA BEM NUSANTARA DKI JAKARTA RAYA, HMI, KAMMI.

Hadir Narasumber – Narasumber dari Kementerian Kelautan dan Perikanan diwakili oleh M.Yusuf, S.Hut., M.Si ; Anggota Komisi IV DPR RI Dr. H. Suhardi Duka, M.M; Rumah Sakit Anggrek Mas dr. Sanusi, Sp. OG; Alumni FEBIS UI Arifuddin Hamid, S.H., M.E; dan Aktivis Nelayan Tradisional Rusdianto Samawa. (Aw)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *