Rakor Perdana, Panwascam Sape Tegaskan Pengawas Lapangan Untuk Menjaga Integritas

Bima, Salam Pena News ~ Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) Sape adakan Rapat Kordinasi (Rakor) perdana bersama Panitia Pengawas Lapangan (PPL) dan staff kesekretariatan. Rakor dilaksanakan di Aula Sekretariat Panwascam Sape pada, Sabtu (08/06/2024).

Ketua Panwascam Sape, Edy Suprianto dalam sambutanya menyampaikan ucapan selamat kepada 18 PPL terpilih sebagai pengawas lapabgan pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2024.

Bacaan Lainnya

Edy juga menegaskan kepada PPL untuk bekerja dengan mengedepankan integritas, menjaga marwah kelembagaan Bawaslu dan mendasrkan setiap proses pengawasan berdasarkan regulasi yang berlaku.


“Sebagai pengawas kita harus kedepankan integritas, menjaga nama baik lembaga dan bekerja sesuai regulasi yang berlaku,” tutur ketua Panwascam Sape.

Elyasa, selaku Kordiv. Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas (HP2H) Panwascam Sape juga menekankan kepada PPL terpilih untuk lebih aktif dalam memahami regulasi yang berlaku pada Pilkada 2024.

“Dalam pengawasan kita harus mengetahui tugas dan kewenangan sebagai pengawas, artinya kita harus memahami regulasi, baik regulasi sebagai pengawas maupun regulasi dari penyelenggara tekhnis,” ungkap Elyasa.

Elyasa juga menyampaikan, setiap hasil pengawasan harus dilaporkan secara jujur dan berdasarkan fakta temuan. Laporan Hasil Pengawasan (LHP) harus merekam secara detail akan peristiwa yang terjadi, waktu, tempat dan pelaku. Selanjutnya, PPL sudah mampu mendeteksi tingkat kerawanan pelanggaran pada Pilkada 2024 lebih dini agar dapat memaksimalkan langkah-langkah pencegahan.

(AR)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *