Bimtek PKD, Hasnun Beberkan Urgensi Pengawas Pemilu

Bima, Salam Pena News ~ Koordinator Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kabupaten Bima, Hasnun, S. Pd., mengisi materi pada pelatihan Pengawas Desa/Kelurahan di Kecamatan Donggo, Kabupaten Bima, Selasa (23/7/2024).

Pada momen pelatihan tersebut, pria yang akrab disapa Gus Alex ini menyebutkan tentang pentingnya pengawasan melekat terhadap setiap tahapan Pemilu/Pemilihan. Dijelaskannya, pengawasan melekat itu penting untuk mencegah terjadinya pelanggaran Pemilu dan /atau Pemilihan.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, terdapat 3 tupoksi yang melekat pada Pengawas Pemilu, yakni melakukan pencegahan, pengawasan, dan penindakan. Penanganan pelanggaran (penindakan,red) pintanya, merupakan langkah terakhir setelah upaya pencegahan yang dilakukan oleh pengawas Pemilu tidak diindahkan oleh para pihak yang menjadi sasaran yang diawasi.

“Bisa dianalogikan bahwa penanganan pelanggaran itu merupakan langkah terakhir yang dilakukan yakni setelah upaya pencegahan ternyata masih ada yang melanggar, istilahnya dalam tanda kutip, setelah tidak mampu kita bina, kita binasakan,” urainya yang disertai dengan senyuman khasnya.

PKD, tambahnya, adalah merupakan garda terdepan yang menjadi tulang punggung dalam memastikan tegaknya tonggak demokrasi. “Tegaknya demokrasi ini akan bergantung sungguh pada kualitas pengawasan sahabat PKD yang tentunya berhubungan langsung dengan orang-orang yang ada di desa,” pungkasnya.

(EB)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *