Sosialisasi Pengawasan di Kecamatan Sape, Bawaslu Tegaskan ASN dan Pemdes Wajib Netral

Bima, Salam Pena News ~ Anggota Bawaslu Kabupaten Bima, Abdullah, M.H selaku Kordiv. SDM, Organisasi dan Diklat Bawaslu Kabupaten Bima mengisi kegiatan Sosialisasi Pengawasan Pilkada Serentak Tahun 2024 di Aula Kecamatan Sape, Sabtu (27/06/2024).

Kegiatan sosialisasi tersebut dihadiri oleh Pemerintah kecamatan Sape, KUA Sape, Kapolsek Sape, Koramil Sape, Korwil Pendidikan Kecamatan Sape, Kepala-kepala Sekolah dan Pemerintah Desa se-Kecamatan Sape.

Bacaan Lainnya

Salam sambutanya ketua Panwascam Sape, Edy Supriyanto, S.Pd menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah sebagai upaya Bawaslu melakukan langkah pencegahan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Kegiatan ini sebagai ikhtiar kami menjalankan langkah pencegahan sebagaimana amanat UU Pemilihan Kepala Daerah No. 10 Tahun 2016,” ungkap Edy.

Pada penyampaian materinya, Abdulah menegaskan terkait persoalan Netralitas ASN dan Aparatur Pemerintah Desa yang selalu menjadi Trend pelanggaran di setiap Pemilu maupun Pilkada.

“Setiap kali dalam Pemilu, lebih-lebih Pilkada, masalah netralitas ASN dan Kades sering kami tangani,” ungkap anggota Bawaslu yang lebih akrab disapa Ebit.

Ebit juga menyampaikan, bahwa Pengawasan yang jajaranya lakukan telah diatur oleh Undang-undang Pilkada dan Perbawaslu. Dalam pengawasan, selain undang-undang pilkada, Perbawaslu, kami juga mendasar pada Undang-undang lain, seperti UU Desa, UU ASN.

“Jadi kami tidak sembarang dalam melakukan pengawasan, semua sudah diatur oleh regulasi, begitupun langkah yang kami lakukan sekarang, sosialisasi merupakan langkah pencegahan, sebelum sampai pada langkah penindakan,” tuturnya.

Ebit juga menginformasikan, bahwa sekarang Bawaslu sedang mengawasi tahapan pemutakhiran data pemilih. Ia menyampaikan bahwa esensi dari Negara Demokrasi adalah menjaga hak pilih/politik warga negaranya.

Diakhir kegiatan Ebit mengajak kepada seluruh peserta yang hadir untuk sama-sama menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat demi wujudnya Pilkada yang aman dan bersih.

“Saya mengajak kepada kita semua, untuk sama-sama menjaga Kantibmas agar proses pilkada di kecamatan Sape berjalan kondusif, tidak melahirkan benturan-benturan antar masyarakat,” imbaunya.

(EB)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *