Dikes NTB Adakan Kegiatan Pelayanan Kesehatan Bergerak. Kades Pekat Berikan Apresiasi

Bima, Salam Pena News- Kepala Desa Pekat Sahlan mengapresiasi pelaksanaan Pelayanan Kesehatan Bergerak (PKB) yang digelar oleh Dinas Kesehatan Provinsi NTB bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu, di Desa Pekat, Sabtu (27/7/24).

Kegitan Pelayanan Kesehatan Bergerak (PKB) tersebut direncanakan akan berlangsung selama tiga hari dan dilaksanakan di Dusun Karang Lebah, Dusun Ai Ampat dan Dusun Sorisoga Desa Pekat. Dalam kegiatan tersebut di hadiri oleh beberapa Dokter spesialis yang terdiri dari dr.I Wayan Sudiarta, Sp.PD ( Dokter Spesialis Penyakit Dalam), dr. Sanoko Tjandra, Sp.OG (Dokter Spesialis Kandungan), dr Kadek Maharini Sp.A (Dokter Spesialis Anak) dan dr Gita Suci Ariani (Dokter Umum).

Kegiatan pelayanan Kesehatan Bergerak sendiri merupakan pelayanan yang dilakukan oleh Tim Pelayanan Kesehatan Bergerak (TPKB) dalam rangka meningkatkan akses dan ketersediaan pelayanan kesehatan di daerah terpencil dan sangat terpencil sesuai Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 90 tahun 2005 tentang penyelenggaraan Pelayanan Kesehatan di Fasilitas Pelayanan Kesehatan Kawasan Terpencil. Fasilitas Pelayanan kesehatan di Kawasan terpencil dan sangat terpencil dilakukan melalui berbagai pendekatan pelayanan kesehatan dengan memperhatikan karakteristik masing-masing daerah dan kebutuhan masyarakat setempat.

Kegiata tersebut bertujuan untuk memberikan pemerataan pelayanan kesehatan serta meningkatkan derajat kesehatan bagi masyarakat terpencil yang kekurangan akses untuk melakukan pemeriksaan kesehatan.

Kepala Desa Pekat Sahlan saat di hubungi oleh awak media ini mengaku sangat senang dan mengapresiasi atas pelaksanaan kegiatan tersebut karena itu akan berdampak pada kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan terutama tentang pencegahan stunting dan pencegahan terhadap penyakit Demam Berdarah yang menjadi perhatian Nasional.

“kami merasa senang dan mengapresiasi pelaksanaan kegiatan Pelayanan Kesehatan Bergerak (PKB) tersebut karena tentunya akan berdampak positif terhadap kesadaran masyarakat kami tentang pentingnya menjaga kesehatan dan pencegahan terhadap stunting dan penyakit Demam Berdarah yang menjadi perhatian nasional” ungkap Kades Pekat

Sahlan juga berharap setelah kegiatan tersebut masyarakatnya memiliki kesadaran untuk segerah melakukan pemeriksaan kesehatan jika terdapat gejala-gejala yang mengganggu kesehatan agar cepat teratasi dengan baik dan kalua aksesnya jauh hubungi kadus masing masing agar pemerintah desa bias segera koordinasikan dengan tenaga medis pukesmas terdekat. (JD)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *